Sayang Petani

Sifat-sifat Proses Produksi Biologi Pertanian

Posted on: Juni 12, 2011

Sifat-sifat proses produksi biologi dalam pertanian mempunyai banyak implikasi bagi pengembangan pertanian, antar lain sebagai berikut.

Pertanian memerlukan tempat yang tersebar luas

Pertanian memerlukan areal yang luas di atas permukaan bumi ini. Impliksinya adalah Produksi persatuan luas tanah harus diusahakan sebesar-besarnya, diperlukan transpor yang juga tersebar untuk mengangkut hasilnya dan menyediakan sarana produksi dan lingkungan hidup petani tidak dapat dikonsentrasikan dalam satu tempat seperti kota, tetapi tersebar juga dalam satuan-satuan kecil.

Jenis usahatani dan potensi produksi pertanian berbeda dari satu tempat ke lain tempat.

Jenis usahatani (sawah, kebun, hutan, peternkan, dan sebagainya) serta potensi produksi pertanian ditentukan oleh faktor-faktor lingkungan yang dapat kita kelompokan ke dalam iklim, sifat-sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Faktor iklim belum dapat dikuasai oleh manusia, kecuali dalam bentuk pembuatan fasilitas irigasi untuk pengairan sawah. Oleh karena itu, jenis usahatani (jenis tanaman dan jenis pengusahaannya) bervariasi disesuaikan dengan keadaan dan irama perubahan iklim.

Kegiatan dan produksi pertanian bersifat musiman

Proses produksi pertanian berbeda sifat dengan proses industri, yaitu dipengaruhi oleh faktor iklim dan faktor-faktor biotik lainnya seperti musim dan serangan hama penyakit yang berbeda dari waktu ke waktu dan dari satu tempat ke tempat lainnya. Pelaksanaan pekerjaan (operasi) tertentu, misalnya membajak dan menanam, hanya dapat dilakukan jika keadaan iklim dan tanah memungkinkan.

Suatu perubahan dalam suatu tindakan memerlukan perubahan juga dalam hal lain

Penambahan pupuk diperlukan untuk meningkatkan produksi. Tetapi, hal itu dapat terjadi jika varietas tanaman yang diperlukan diubah dengan varietas yang berespon terhadap pemupukan.

Pertanian modern selalu berubah

Pertanian modern adalah pertanian yang berubah sesuai denagn kebutuhan manusia. Penggunaan dan teknologi yang berkembang dalam pertanian modern memungkinkan tercapainya volume produk dan jenis produk yang disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan.

Sumber: Soetrisno, Ilmu Pertanian Umum, 2003

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat emaill Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

Arsip Petani

Petani Tweet

Petani Stats

  • 142,631 Kunjungan Petani
%d blogger menyukai ini: