Sayang Petani

Faktor-faktor Penentuan Lokasi Produksi

Posted on: April 23, 2011

Salah satu factor yang sangat penting dalam penentuan lokasi produksi adalah modal besar yang dimilki seorang produsen. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi penentuan lokasi, tapi secara garis besar dapat digolongkan atas tiga kategori, yakni :

Faktor adanya perbedaan biaya produksi, tidak semua tempat atau daerah mencerminkan biaya produksi yang sama, karena pada tiap-tiap daerah atau tempat, sedikit banyaknya terdapat perbedaan dalam hal keadaan iklim, kondisi tanah, cara bekerja dan keterampilan penduduk.

Faktor adanya perbedaan biaya transfer (transfer cost) dari titik produksi ke titik konsumsi, yang paling kuat pengaruhnya terhadap biaya transfer ini adalah pengangkutan yakni jumlah dan kualitas alat angkut dan keadaan jalanan. Jika tersedia alat angkut yang cukup dengan keadaan jalanan yang baik, maka sudah tentu biaya pengangkutan lebih murah dan kerusakan barang bias dimimalisir.

Faktor adanya lembaga (Institusional faktor), jika suatu tempat berlangsungnya proses produksi tidak dijumpai atau kurang sekali adanya lembaga-lembaga tataniaga seperti pedagang pengumpul dan badan pengangkutan, maka dapat dipastikan bahwa pengaliran barang ke konsumen akan menjadi lambat. Harga hasil-hasil yang diproduksi lebih rendah karena permintaan kurang dibanding daerah  atau tempat produksi yang memiliki fasilitas-fasilitas pengangkutan dan komunikasi yang baik dengan daerah konsumen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat emaill Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

Arsip Petani

Petani Tweet

Petani Stats

  • 142,631 Kunjungan Petani
%d blogger menyukai ini: