Sayang Petani

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran

Posted on: April 21, 2011

Timbulnya penawaran adalah bersumber dari adanya produksi. Jika tidak ada barang yang tidak diproduksi maka tidak mungkin ada penawaran sesuatu barang dan sudah tentu konsumen tidak akan mendapat atau memperoleh benda yng mereka butuhkan. Penawaran sesuatu barang adalah berbanding lurus dengn harga dari barang tersebut.

Hasil-hasil pertanian sangat tergantung pada keadaan alam seperti iklim, kondisi tanah dan hama/penyakit. Keadaan yang demikian inilah yang menyulitkan untuk menghitung atau mengukur berapa besarnya yang harus diproduksikan sehingga data memenuhi kebutuhan konsumen secara kontinu dan dengan harga yang relative mantap. Jika pada suatu saat terjadi produksi yang berlebihan, maka tentunya harga akan turun dan hal ini berarti para petani produsen pada musim berikutnya akan mengurangi produksinya atau sekurang-sekurangnya jumlah produksinya konstan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran adalah :

  1. Tingkat kemampuan produksi sesuatu barang untuk mengikuti perubahan-perubahan harga. Barang-barang yang mampu jumlah produksinya mengikuti atau menyesuaikan diri terhadap perubahan harga adalah lebih elastis disbanding barang-barang yang sukar disesuaikan produksinya atau yang tidak mampu mengikuti perubahan harga. Oleh karena usaha pertanian sangat bergantung kepada alam maka sudah barang tentu penyesuaian diri setiap saat dari produksinya akan sangat sukar terlaksana. Dengan demikian dapat dipastikan penawaran lebih kecil disbanding barang-barang industri yang usaha produksinya tidak bergantung pada alam.
  2. Tingkat ketahanan sesuatu barang untuk dapat disimpan (sterability). Makin tahan sesuatu barang disimpan dalam gudang makin besar elastisitas penawarannya disbanding barang-barang yang tidak tahan untuk disimpan lebih lama. Buah-buahan dan ikan segar tentunya mempunyai elastisitas penawaran lebih kecil dibanding  buah-buahan dalam kaleng.
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat emaill Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 14 pengikut lainnya.

Arsip Petani

Petani Tweet

Petani Stats

  • 61,040 Kunjungan Petani
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: