Sayang Petani

Peranan Produsen Dalam Tataniaga Pertanian

Posted on: April 15, 2011

Produsen adalah orang atau perusahaan yang menghasilkan atau yang memproduksikan barang atau jasa. Jadi, produsen hasil-hasil pertanian adalah orang yang memproduksi hasil pertanian. Para petani yang berada di desa yang menjual hasil pertaniannya seperti gabah/beras, buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan seorang produsen. Tanpa produsen, tidak aka nada hasil pertanian yang dapat dibeli dan dikonsumsi oleh masyarakat/konsumen dan tentunya juga tidak aka nada kegiatan tataniaga.

Petani produsen selain statusnya sebagai produsen hasil-hasil pertanian, mereka juga adalah adalah konsumen hasil-hasil industri seperti kain, pupuk, obat-obatan, dan lainnya. Petani produsen dalam proses penjualannya lebih banyak berhubungan dengan pedagang pengumpul (local assemblers). Jika petani produsen pada satu saat misalnya karena serangan hama atau karena harga input yang mahal, maka petani hanya akan memproduksikan hasil dalam jumlah yang sedikit. Akibatnya volume pembelian pedagang pengumpul akan berkurang.

Volume hasil yang akan diangkut dan disimpan juga akan berkurang, sehingga jumlah alat angkut dan gudang yang dibutuhkan akan berkurang pula, ini berarti sebagian dari alat angkut dan gudang tidak akan bekerja secara efektif karena tidak sesuai dengan kapasistas yang dimilikinya. Jumlah barang yang diecerkan di pasar tentunya akan berkurang pula sehingga akan mempengaruhi mekanisme harga.

Apabila petani produsen menggunakan input dan teknologi modern secara efektif, produksi per satuan luas usahataninya juga akan meningkat dari keadaan sebelumnya. Akibat dari keadaan ini ialah volume hasil yang akan dijua oleh petani produsen akan bertambah. Hal ini berarti pedagang pengumpul harus menyediakan lebih banyak modal dan tenaga, serta kebutuhan alat angkut dan gudang akan lebih meningkat. Demikian pula barang yang diecerkan di pasar akan lebih banyak dan jika jumlah permintaan konsumen tetap maka sudah pasti harga dari hasil pertanian tersebut akan menurun.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat emaill Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 14 pengikut lainnya.

Arsip Petani

Petani Tweet

  • Sudah tau nanya lagi.... mungkin itu sudah jawabannya.... *efek lapar 1 day ago
  • RT @ipphoright: Kamu, iya kamu! Belum bertemu jodohnya? Berbaiksangka saja, berarti diberi waktu sm Allah utk memantaskan diri demi beroleh… 1 day ago
  • RT @ipphoright: Jodohmu, kepantasanmu... Yang jodohnya belum ketemu, semoga segera bertemu. Aamiin... 2 days ago
  • RT @ipphoright: Memperbaiki diri & memantaskan diri adalah cara terbaik menjemput jodoh sejati :) 2 days ago
  • Alhamdulillah selesai... Sabar saja pasti ada jalan keluarnya walau lewat lorong hahaha.... 2 days ago

Petani Stats

  • 72,172 Kunjungan Petani
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: